Algoritma & Pemrograman – Pertemuan 02 – Materi Perkuliahan

Gede Surya Mahendra - Home

Algoritma & Pemrograman – Pertemuan 02 – Materi Perkuliahan

Stiki Logo - Short

Mata Kuliah : Algoritma dan Pemrograman

Kode Mata Kuliah : MKK-203

Program Studi : Teknik Informatika

STIMIK STIKOM Indonesia

PERTEMUAN 01

Untuk tampilan lebih baik, dapat mendownload file PDF pada link yang tersedia

Download File Materi PDF

 

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN:

 

TIM PENYUSUN

I Gede Iwan Sudipa, S.Kom., M.Cs.

Made Leo Radhitya, S.Kom., M.Cs.

Indra Pratista, S.Kom., M.Cs.

I Nyoman Alit Arsana, S.T., M.T.

 

TIPE DATA DAN VARIABEL

Mg Ke- Kemampuan Akhir yang Diharapkan Bahan Kajian Metode Pembelajaran Waktu Pengalaman Belajar Penilaian dan Indikator Bobot Penilaian (%)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
2 Mahasiswa mampu mengaplikasikan penggunaan tipe data dasar dan variabel dalam bahasa pemrograman C.
  • Tipe data dasar dan variabel dalam bahasa pemrograman.
  • Deklarasi data.

Perintah input dan output.

Pembelajaran inkuiri, dengan topic pengunaan tipe data dasar dan variabel, lalu dilanjutkan dengan metode praktikum dalam mempraktikkan deklarasi data beserta perintah input dan output dalam bahasa pemrograman.  

[TM : 1x(3×50”)]

Menerapkan penggunaan tipe data dasar dan variabel dalam bahasa pemrograman, serta mendeklarasikan algoritma melalui pembelajaran inkuiri dan praktikum. Ketepatan dalam menuliskan tipe data dasar, dan deklarasi algoritma dalam penyelesaian permasalahan. 5%
    1. Dasar Teori :

Jenis Data

Dalam bahasa C terdapat beberapa jenis tipe data yang bisa digunakan untuk sebuah variabel atau konstanta pada program. C menyediakan lima macam tipe data dasar, yaitu tipe data integer (nilai numerik bulat yang dideklarasikan dengan int), floating-point (nilai numerik pecahan ketetapan tunggal yang dideklarasikan dengan float), double-precision (nilai numerik pecahan ketetapan ganda yang dideklarasikan dengan double), karakter (dideklarasikan dengan char), Boolean (merupakan tipe data yang berisi nilai dengan kemungkinan hanya berupa False (nilai salah) dan True (nilai benar) yang dideklarasikan dengan bool). Berikut ini tabel tipe data yang ada dalam bahasa C beserta ukuran dan jangkauannya:

Tipe Lebar Jangkauan Nilai
Dari Sampai Dengan
int

unsigned int

short int

long int

unsigned long int

float

double

long double

char

unsigned char

16 bit

16 bit

16 bit

32 bit

32 bit

32 bit

64 bit

80 bit

8 bit

8 bit

-32768

0

-32768

-2147483648

0

3.4E-38

1.7E-308

3.4E-4932

-128

0

32767

65535

32767

2147483649

4294967295

3.4E+38

1.7E+308

3.4E+4932

128

Variabel

Variabel adalah suatu pengenal yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu didalam proses program. Variabel biasa digunakan di dalam program dengan tujuan untuk menampung data. Nilai yang terdapat pada variabel sewaktu-waktu dapat diubah. Jumlah variabel yang dibuat dapat tidak terbatas, namun masing-masing variabel tersebut harus bersifat unik dan tidak boleh ada nama variabel yang sama. Selain variabel terdapat konstanta yang juga dapat menampung data.

Hanya saja dalam kostanta nilai yang ada tidak dapat diubah atau bernilai pasti. Dalam program, variabel dideklarasikan dengan tipe_data dan nama_variabel, sedangkan konstanta dideklarasikan dengan menggunakan preprocessor define #define nama_konstanta atau dengan dengan singkatan const tipe_data dan nama_konstanta.

Bentuk Umum :

konstanta

#define nama_konstanta

atau

const tipe_data nama_konstanta;

variabel

tipe_data nama_variabel;

Pengenal : Tipe Data;

Adapun aturan-aturan penamaan variabel dalam bahasa C adalah sebagai berikut :

  1. Tidak boleh mengandung spasi, simbol, atau tanda.
  2. Tidak boleh diawali dengan angka.

Contoh :

Benar

char nama[25];

int usia;

char kelas;

Salah :

char @nama[25];

int us!a;

 

KEGIATAN PRAKTIKUM

Membuat Program Biodata

Salinlah coding program berikut ini ke dalam DevC++ :

#include<stdio.h>

#include<conio.h>

int main()

{

char nama[25];

int umur;

char alamat[50];

 

printf(“Masukkan nama anda : “);gets(nama);

printf(“Masukkan alamat anda : “);gets(alamat);

printf(“Masukkan umur anda : “);scanf(“%d”,&umur);

 

printf(“\n Nama anda : %s”,nama);

printf(“\n Alamat anda : %s”,alamat);

printf(“\n Umur anda : %d”,umur);

 

 

return 0;

}

Sekarang simpan program tersebut dengan memilih menu File lalu pilih Save, simpan dengan nama PRAK01.c. Kompilasi program tersebut dengan menekan tombol F9 dan jalankan program tersebut dengan menekan f10, kemudian amati hasilnya bila dimasukkan masukan tertentu.

Membuat Program Hitung Luas Lingkaran

Salinlah coding program berikut ini ke dalam DevC++ :

#include<stdio.h>

#include<conio.h>

#define phi 3.14

int main()

{

float luas,jari2;

printf(“masukkan jari-jari lingkaran:”);scanf(“%f”,&jari2);

 

luas=phi*(jari2*jari2);

printf(“Luas lingkaran : %f”,luas);

 

return 0;

}

Simpan pekerjaan anda, kompilasi dan jalankan program tersebut, kemudian amati hasilnya bila dimasukkan masukan tertentu. Amati kembali, apa yang terjadi bila nilai jari-jari sama dengan nol? Apa pula yang terjadi jika nilai jari-jari diisi dengan huruf?

REFERENSI:

Rosa A.S. dan M.Shalahuddin. 2010. Modul Pembelajaran Algoritma dan Pemrograman. Bandung:

Kadir, Abdul dan Heriyanto. 2005. Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta : Andi

 

 227 total views,  8 views today

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *