Analisa Proses Bisnis – Pertemuan 05 – Materi Perkuliahan

Gede Surya Mahendra - Home

Analisa Proses Bisnis – Pertemuan 05 – Materi Perkuliahan

Stiki Logo - Short

Mata Kuliah : Analisa Proses Bisnis

Kode Mata Kuliah : MKK-209

Program Studi : Teknik Informatika

STIMIK STIKOM Indonesia

PERTEMUAN 05

Untuk tampilan lebih baik, dapat mendownload file PDF pada link yang tersedia

Kemampuan Akhir yang Diharapkan:

Mahasiswa menganalisis pemodelan proses bisnis dengan Business Process Modeling Notation (BPMN)

Bahan Kajian:

  • Uji coba aplikasi BPMN
  • Pemodelan dengan BPMN

Metode Pembelajaran:

  • Metode studi kasus dengan mencari sebuah objek penelitian (perusahaan) dan menggambarkan pemodelan proses bisnis dengan BPMN

Pengalaman Pembelajaran:

  • Tugas kelompok untuk meninjau sebuah perusahaan kemudian menggambarkan proses bisnis dengan BPMN

Kriteria Penilaian dan Indikator:

  • Kemampuan untuk menjabarkan dan menganalisis pemodelan sebuah proses bisnis perusahaan.

 

Download File Materi PDF

Download File Slide Perkuliahan PDF 

 

TINJAUAN

  1. Business Process Modeling Notation (BPMN)
  2. Sejarah BPMN
  3. Tujuan BPMN
  4. Pentingnya BPMN
  5. Notasi BPMN
  6. Dasar BPMN

MATERI

Business Process Modeling Notation (BPMN)

Business Process Modeling Notation (BPMN) adalah notasi grafis yang menggambarkan logika dari langkah-langkah dalam proses bisnis. Notasi ini telah didesain secara khusus untuk mengkoordinasikan urutan proses dan pesan yang mengalir antara pelaku dalam kegiatan yang berbeda.

Sejarah BPMN

BPMN merupakan kepanjangan dari Business Process Model and Notation, yaitu sebuah standar untuk menggambarkan proses bisnis yang dikeluarkan oleh Open Management Group (omg.org) sejak tahun 2005. BPMN versi terakhir hingga adalah BPMN 2.0.2 yang dirilis pada bulan Januari 2014. BPMN juga telah mendapatkan sertifikasi ISO 19510. Hingga saat ini, sudah banyak organisasi besar yang menerapkan standar BPMN untuk mewujudkan proses bisnis dan sepertinya, BPMN akan menjadi sebuah standar internasional yang baku.

Tujuan BPMN

Tujuan utama dari usaha BPMN adalah menyediakan suatu notasi yang mudah dipahami oleh semua masyarakat terutama pegiat software. Dari analis bisnis yang ada kemudian menciptakan draft permulaan dari proses-proses sampai dengan pengembangan teknis melipui alur dan pekerjaan dalam bentuk model atau notasi. BPMN juga menciptakan suatu jembatan terstandardisasi untuk gap antara desain proses bisnis dan implementasi proses.

Pentingnya BPMN

  • BPMN adalah standar proses pemodelan diterima secara internasional.
  • BPMN adalah suatu metodologi pemodelan proses.
  • BPMN menciptakan jembatan standar yang mengurangi kesenjangan antara proses bisnis dan pelaksanaannya.
  • BPMN memungkinkan Anda untuk proses model dalam cara bersatu dan standar sehingga setiap orang dalam organisasi dapat saling memahami.

Notasi BPMN

Dalam dasar kategori elemen, variasi tambahan dan informasi dapat ditambahkan untuk mendukung kebutuhan untuk kompleksitas tanpa mengubah tampilan dasar diagram. Lima (5) kategori dasar elemen BPMN adalah:

    1. Flow Objects

Flow Object adalah elemen grafis utama untuk menentukan perilaku dalam Proses Bisnis. Ada tiga (3) Flow Object:

    1. Events
    2. Activities
    3. Gateways
    4. Data

Data direpresentasikan dengan empat (4) elemen :

    1. Data Objects
    2. Data Inputs
    3. Data Outputs
    4. Data Stores
    5. Connecting Objects

Connecting Objects. Ada empat (4) cara menghubungkan Obyek Arus informasi satu sama lain atau lainnya. Ada empat (4) Connecting Objects:

        1. Sequence Flows
        2. Message Flows
        3. Associations
        4. Data Associations
    1. Swimlanes

Swimlines. Ada dua (2) cara pengelompokan unsur-unsur pemodelan utama melalui “Swimlanes:”

        1. Pools
        2. Lanes
    1. Artifacts

Artifacts digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang Proses. Ada dua (2) Artefak standar, tapi pemodel atau alat pemodelan bebas untuk menambahkan sebanyak Artefak yang diperlukan.

        1. Group
        2. Text Annotation

Dasar BPMN

    1. Event

Event adalah sesuatu yang “terjadi” selama jalannya Proses atau Koreografi. Mempengaruhi aliran dari model dan bisanya memiliki penyebab (pemicu) atau dampak (hasil). Event digambarkan dalam lingkaran terbuka untuk membedakan fungsinya. Ada tiga jenis event, berdasarkan pengaruh aliran proses: Awal, Menengah, dan Akhir

    1. Activity

Aktivitas adalah sebuah istilah umum untuk suatu kegiatan yang memperlihatkan perusahaan melakukan Proses. Jenis Kegiatan yang merupakan bagian dari Proses sebuah Model Digambarkan bulat persegi panjang.

    1. Gateway

Gateway digunakan untuk mengontrol perbedaan dan konvergensi dari urutan Arus dalam Proses. Dengan demikian, akan menentukan percabangan, forking, penggabungan,dan bergabung dengan jalur.

    1. Sequence Flow

Sebuah Arus Urutan digunakan untuk menunjukkan urutan kegiatan yang akan dilakukan dalam proses.

    1. Message Flow

Digunakan untuk menunjukan aliran Pesan antara dua pelaku yang telah dipersiapkan untuk mengirim dan menerima mereka. Dalam BPMN, dua Pools terpisah dalam Diagram Kolaborasi akan mewakili dua peserta (misal: partner entitas atau partner roles)

    1. Association

Digunakan untuk menghubungkan informasi dan Artefak dengan elemen BPMN grafis. Teks penjelasan dan Artefak lain dapat terkait dengan grafis elemen. Semua mata panah pada Asosiasi menunjukkan arah aliran (misalnya: data)

    1. Pool

Adalah representasi grafis dari pelaku/peserta kolaborasi. Hal ini juga bertindak sebagai “swimlane” dan wadah grafis untuk partisi satu set kegiatan dadi Pools lain, biasanya dalam konteks situasi B2B. Pool A mungkin memiliki internal yang rinci, dalam bentuk proses yang akan dieksekusi.

    1. Lane.

Lane adalah partisi sub-dalam Proses, terkadang dalam Pool, akan memperpanjang seluruh Proses baik secara vertikal ataupun horisontal. Jalur yang digunakan untuk mengatur dan mengkategorikan Kegiatan.

    1. Data Object

Data Object memberikan informasi tentang kegiatan apa yang perlu diadakandan atau apa yang mereka hasilkan. Daata Object dapat mewaakili benda tunggal atau koleksi benda-benda. Data input dan Data Output memberikan informasi yang sama untuk Proses.

    1. Group

Adalah pengelompokan unsur-unsur grafis yang berada dalam kategori yang sama. Jenis pengelompokan tidak mempengaruhi Sequence Flow dalam Group. Nama Kategori muncul pada diagram sebagai label kelompok. Kategori dapat digunakan untuk dokumentasi atau analisis tujuan. Group adalah salah satu cara dimana kategori benda dapat secara visual ditampilkan pada Diagram

Daftar Pustaka:

  • Kenneth E. Kendall. 2007. Analisis Dan Perancangan Sistem Edisi Kelima Jilid 1. Indeks.
  • Mathias Weske. 2007. Business Process Management (Concept, Language, Architectures). Springer
  • Martin Owen & Jog Raj. 2003. BPMN and Business Process Management. Popkin Software

 

 10 total views,  2 views today

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *