Human Computer Interaction (HCI) – Pertemuan 06 – Materi

Gede Surya Mahendra - Home

Human Computer Interaction (HCI) – Pertemuan 06 – Materi

Stiki Logo - Short

Mata Kuliah : Human Computer Interaction

Kode Mata Kuliah : MKK-224

Program Studi : Teknik Informatika

STIMIK STIKOM Indonesia

PERTEMUAN 06

Untuk tampilan lebih baik, dapat mendownload file PDF pada link yang tersedia

Kemampuan Akhir yang Diharapkan:

Mahasiswa mampu memahami Rapid Prototyping.

Bahan Kajian:

  • Rapid Prototyping

Metode Pembelajaran:

  • Pembelajaran inkuiri, dengan topik Rapid Prototyping.

Pengalaman Pembelajaran:

  • Mengerjakan tugas dan presentasi tugas terkait Rapid Prototyping

Kriteria Penilaian dan Indikator:

  • Kemampuan memberikan pendapat terkait materi yang dibahas.

 

Download File Materi PDF

Download File Slide Perkuliahan PDF 

 

TINJAUAN

  1. Powder Based Processes
    1. Selective Laser Sintering (SLS)
    2. Laser Engineered Net Shaping (LENS)
    3. Three-Dimensional Printing (3D-Printing)
  2. Solid Based Processes
    1. Solid Based Polymerization (SBP)
    2. Laminated Object Modeling (LOM)
  3. Software Prototyping
  4. Pengembangan Sistem Dinamis

MATERI

Powder Based Processes

Selective Laser Sintering (SLS)

Selective power sintering (SLS) adalah metode fabrikasi prototipe dengan melakukan proses penyinteran (proses menjadikan hampir meleleh sehingga membentuk massa yang menyatu) pada serbuk logam atau non logam yang dipilih sehingga akhirnya menjadi sebuah objek. Kemudian sebuah sinar laser yang bekerja berdasarkan sistem CAD tiga dimensi membentuk pola yang diinginkan pada lapisan pertama. Pada tahap berikutnya lapisan pertama tadi turun dan roller menyebarkan lapisan serbuk lainnya dan proses pembentukan pola oleh sinar laser kembali berulang sampai prototipe selesai dibuat.

 

page30image23716800

Laser Engineered Net Shaping (LENS)

Meja x-y bergerak untuk membentuk pola objek sementara head laser bergerak ke atas secara vertikal setelah setiap lapisan (layer) selesai dibuat. Pada laser engineered net shaping (LENS) ini bisa menggunakan material yang bervariasi seperti stainless steel, inconel, tembaga, aluminum dan termasuk juga titanium.

page32image23926464

Three-Dimensional Printing (3D-Printing)

Material serbuk disimpan sebagaimana pada SLS dan proses dimulai pada bagian atas lapisan. Untuk melakukan ini serbuk (powder) dengan takaran tertentu dikeluarkan dari ruang persediaan melalui pergerakan piston ke atas. Roller kemudian mendistribusikan serbuk pada bagian atas ruang fabrikasi. Multichannel jetting head kemudian mengeluarkan perekat cair (liquid adhesive) dalam pola dua dimensi di atas lapisan serbuk. Setelah satu lapisan selesai dikerjakan, piston fabrikasi bergerak turun sesuai dengan tebal lapisan dan proses terus berulang sampai objek selesai dibuat secara lengkap. Setelah itu objek diangkat dan serbuk-serbuk lainnya dibersihkan dari objek.

page34image23946176

Solid Based Processes

page36image23874400

Solid Based Polymerization (SBP)

Proses solid foil polymerization menggunakan solid to solid polymerization dan bukan liquid to solid. Part dibuat dengan menggunakan semi-polymerized plastic foils.

Laminated Object Modeling (LOM)

Pada laminated object modeling (LOM) sebagaimana terlihat pada Gambar 12 profil objek dipotong dengan menggunakan laser.

Software Prototyping

Software prototipe, suatu kegiatan selama pengembangan perangkat lunak tertentu, adalah penciptaan prototipe, yaitu versi lengkap dari program perangkat lunak yang dikembangkan. Sebuah prototipe biasanya hanya mensimulasikan beberapa aspek dari fitur dari program akhirnya, dan mungkin sama sekali berbeda dari pelaksanaan akhirnya.

Tujuan konvensional prototipe adalah memungkinkan pengguna perangkat lunak untuk mengevaluasi pengembang „proposal untuk desain produk yang akhirnya dengan benar-benar mencoba mereka keluar, daripada harus menafsirkan dan mengevaluasi desain berdasarkan deskripsi. Prototyping juga dapat digunakan oleh pengguna akhir untuk menjelaskan dan membuktikan bahwa pengembang persyaratan tidak dianggap, jadi “mengendalikan prototipe” dapat menjadi faktor kunci dalam hubungan komersial antara penyedia solusi dan klien mereka.

Proses prototyping meliputi langkah-langkah berikut

        1. Mengidentifikasi persyaratan dasar

Tentukan persyaratan dasar termasuk masukan dan keluaran informasi yang diinginkan. Rincian, seperti keamanan, biasanya dapat diabaikan.

        1. Mengembangkan Initial Prototype

Prototipe awal dikembangkan yang hanya mencakup user interface.

        1. Tinjauan

Pelanggan, termasuk pengguna akhir, menguji prototipe dan memberikan umpan balik mengenai penambahan atau perubahan.

        1. Merevisi dan Meningkatkan Prototype

Menggunakan umpan baik spesifikasi dan prototipe dapat ditingkatkan. Negosiasi tentang apa yang dalam lingkup kontrak / produk mungkin diperlukan. Jika perubahan yang diperkenalkan kemudian ulangi langkah # 3 ands # 4 mungkin diperlukan.

Pengembangan Sistem Dinamis

Dynamic Systems Development Method (DSDM) adalah kerangka untuk memberikan solusi bisnis yang sangat bergantung pada prototipe sebagai teknik inti, dan itu sendiri ISO 9001 disetujui. Mengembang atas paling mengerti definisi dari sebuah prototipe. Menurut prototipe DSDM dapat berupa diagram, proses bisnis, atau bahkan ditempatkan dalam suatu sistem produksi. DSDM prototipe dimaksudkan untuk menjadi tambahan, berkembang dari bentuk sederhana ke yang lebih komprehensif.

Siklus hidup yang DSDM prototipe adalah untuk:

    1. Identifikasi prototipe
    2. Setuju rencana
    3. Buat prototipe
    4. Review prototipe

Daftar Pustaka:

  • Dix, A., Finlay, J. E., Abowd, G. D., Beale, R. 2004. Human-Computer Interaction Third Edition, Pearson Education Limited.
  • Galitz, Wilbert, O. “The Essential Guide to UI Design 3/e”, 2007.
  • Johnson, J. 2010. Designing with the mind in mind: Simple guide to understanding user interface design rules. Morgan Kaufmann.
  • Wigdor, D., and Dennis, W. 2011. Brave NUI World: Designing Natural User Interfaces for Touch and Gesture. Elsevier.
  • Norman, D. A. 2013.The Designing of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Book.

 

 20 total views,  2 views today

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *