Human Computer Interaction (HCI) – Pertemuan 09 – Materi

Gede Surya Mahendra - Home

Human Computer Interaction (HCI) – Pertemuan 09 – Materi

Stiki Logo - Short

Mata Kuliah : Human Computer Interaction

Kode Mata Kuliah : MKK-224

Program Studi : Teknik Informatika

STIMIK STIKOM Indonesia

PERTEMUAN 09

Untuk tampilan lebih baik, dapat mendownload file PDF pada link yang tersedia

Kemampuan Akhir yang Diharapkan:

Mahasiswa memahami Jenis-Jenis Kesalahan, Slip dan Petunjuk Pencegahan Kesalahan.

Bahan Kajian:

  • Jenis-Jenis Kesalahan
  • Slip
  • Petunjuk Pencegahan Kesalahan

 

Metode Pembelajaran:

  • Pembelajaran diskusi, dengan topik Jenis-Jenis Kesalahan, Slip dan Petunjuk Pencegahan Kesalahan

Pengalaman Pembelajaran:

  • Membentuk kelompok diskusi terkait materi Jenis-Jenis Kesalahan, Slip dan Petunjuk Pencegahan Kesalahan

Kriteria Penilaian dan Indikator:

  • Kemampuan memberikan pendapat terkait materi yang dibahas.

 

Download File Materi PDF

Download File Slide Perkuliahan PDF 

 

TINJAUAN

  1. Jenis Kesalahan dan Slip
  2. Penanganan Kesalahan dan Slip
  3. Reaksi Kompilator pada Kesalahan dan Slip
  4. Pemulihan Kesalahan
  5. Jenis-Jenis Dokumentasi / Help
  6. Jenis-Jenis Bantuan

MATERI

Sebuah kompilator akan sering menemui program yang mengandung kesalahan, maka kompilator harus memiliki strategi apa yang harus dilakukan untuk menangani kesalahan-kesalahan tersebut.

Jenis Kesalahan dan Slip

    1. Kesalahan Leksikal misalnya kesalahan mengeja keyword, contoh: then ditulis ten
    2. Kesalahan Sintaks misalnya pada operasi aritmatika kekurangan jumlah paranthesis (kurung). contoh: A:=X+(B*(C+D)
    3. Kesalahan Semantik
  • Tipe data yang salah, misal tipe data integer digunakan untuk variabel string.

Contoh: Var Siswa: Integer Siswa:= ‘Aka‘ {tipe string}

  • Variabel belum didefinisikan tetapi digunakan dalam operasi.

Contoh: B:= B + 1{B belum didefinisikan}

Penanganan Kesalahan dan Slip

Prosedur penanganan kesalahan terdiri dari:

  • Mendeteksi kesalahan
  • Melaporkan kesalahan
  • Tindak lanjut perbaikan / pemulihan

Pelaporan kesalahan yang dilakukan oleh sebuah kompilator yang menemukan kesalahan meliputi:

  • Kode kesalahan
  • Pesan kesalahan dalam bahasa natural
  • Nama dan atribut identifier
  • Tipe – tipe yang terkait bila type checking
  • Contoh: Error Message: Error 162 jumlah: unknown identifier
    • Kode kesalahan = 162
    • Pesan kesalahan = unknown identifier
    • Nama identifier = jumlah

Reaksi Kompilator pada Kesalahan dan Slip

Pada saat kompilator menemukan kesalahan terdapat beberapa tingkatan reaksi diantaranya adalah:

          • Reaksi yang tidak dapat diterima (tidak melaporkan error)

Kompilator crash: berhenti atau hang

Looping: kompilator masih berjalan tapi tidak pernah berakhir karena looping tak berhingga (indefinite/onbounded loop)

Menghasilkan program objek yang salah: kompilator melanjutkan proses sampai selesai tapi program objek yang dihasilkan salah. Ini berbahaya bila tidak diketahui pemrogram, karena baru akan muncul saat program dieksekusi.

          • Reaksi yang benar tapi kurang dapat diterima dan kurang bermanfaat. Kompilator menemukan kesalahan pertama, melaporkannya, lalu berhenti (halt).
          • Reaksi yang dapat diterima

Reaksi yang sudah dapat dilakukan, yaitu kompilator melaporkan kesalahan / error, dan selanjutnya melakukan:

  • Recovery / pemulihan, lalu melanjutkan menemukan kesalahan / error yang lain bila masih ada.
  • Repair / Perbaikan kesalahan, lalu melanjutkan proses translasi dan menghasilkan program objek yang valid

Reaksi yang belum dapat dilakukan, yaitu kompilator mengkoreksi kesalahan, lalu menghasilkan program objek sesuai dengan yang diinginkan pemrogram. Disini komputernya sudah memiliki kecerdasan untuk mengetahui maksud pemrogram. Tingkatan respon ini belum dapat diimplementasikan pada kompilator yang ada dewasa ini.

Pemulihan Kesalahan

Tujuannya mengembalikan kondisi parser ke kondisi stabil. Strategi yang dilakukan error recovery sebagai berikut:

  • Mekanisme Ad Hoc

Recovery yang dilakukan tergantung dari pembuat kompilator sendiri/Spesifik, dan tidak terikat pada suatu aturan tertentu. Cara ini biasa disebut juga special purpose error recovery.

  • Syntax Directed Recovery

Melakukan recovery berdasarkan syntax

Contoh: ada program

begin

A:=A+1

B:=B+1; C:=C+1

end;

kompilator akan mengenali sebagai (dalam notasi BNF)

begin < statement>?<statement>;<statement>end; ? akan diperlakukan sebagai “;”

Berguna untuk melokalisir kesalahan / error, caranya:

    • Panic mode

Maju terus dan mengabaikan teks sampai bertemu

delimeter (misal ‘;’) contoh: IF A:= 1

Kondisi:= true;

Teks diatas terjadi kesalahan karena tidak ada instruksi THEN, kompilator akan maju terus sampai bertemu ‘;’

    • Unit deletion

Menghapus keseluruhan suatu unit sintaktik (misal: <block>,<exp>,<statement> dan sebagainya), efeknya sama dengan panic mode tetapi unit deletion memelihara kebenaran sintaksis dari source program dan mempermudah untuk melakukan error repairing lebih lanjut.

  • Secondary Error Recovery
  • Context Sensitive Recovery

Berkaitan dengan semantik,misal bila terdapat variabel yang belum dideklarasikan(undifined variabel) maka diasumsikan tipenya berdasarkan kemunculannya.

Contoh:

B:= ‘nama’

sementara diawal program variabel B belum dideklarasikan, maka berdasarkan kemunculannya diasumsikan variabel B bertipe string.

Jenis-Jenis Dokumentasi / Help

Tidak pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi penting. Sistem sederhana user memanggil dan menggunakannya, berikan nama. Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan help/bantuan.

Jenis-Jenis Bantuan

      • Tutorial
      • Review/Referensi yang cepat
      • Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
      • Bantuan untuk context-sensitive (spesifikasi tugas)

Daftar Pustaka:

  • Dix, A., Finlay, J. E., Abowd, G. D., Beale, R. 2004. Human-Computer Interaction Third Edition, Pearson Education Limited.
  • Galitz, Wilbert, O. “The Essential Guide to UI Design 3/e”, 2007.
  • Johnson, J. 2010. Designing with the mind in mind: Simple guide to understanding user interface design rules. Morgan Kaufmann.
  • Wigdor, D., and Dennis, W. 2011. Brave NUI World: Designing Natural User Interfaces for Touch and Gesture. Elsevier.
  • Norman, D. A. 2013.The Designing of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Book.

 18 total views,  2 views today

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *