Human Computer Interaction (HCI) – Pertemuan 10 – Materi

Gede Surya Mahendra - Home

Human Computer Interaction (HCI) – Pertemuan 10 – Materi

Stiki Logo - Short

Mata Kuliah : Human Computer Interaction

Kode Mata Kuliah : MKK-224

Program Studi : Teknik Informatika

STIMIK STIKOM Indonesia

PERTEMUAN 10

Untuk tampilan lebih baik, dapat mendownload file PDF pada link yang tersedia

Kemampuan Akhir yang Diharapkan:

Mahasiswa mampu memahami Pengenalan Evaluasi Empiris.

Bahan Kajian:

  • Pengenalan Evaluasi Empiris

Metode Pembelajaran:

  • Metode studi kasus mengenai Pengenalan Evaluasi Empiris

Pengalaman Pembelajaran:

  • Tugas dan presentasi mengenai materi berdasarkan studi kasus terkait Pengenalan Evaluasi Empiris

Kriteria Penilaian dan Indikator:

  • Kemampuan memberikan pendapat terkait materi yang dibahas.

 

Download File Materi PDF

Download File Slide Perkuliahan PDF 

 

TINJAUAN

  1. Evaluasi
  2. Tujuan Utama Evaluasi
  3. Perancangan Eksperimen
    1. Hipotesa
    2. Variabel
    3. Rancangan
  4. Paradigma Evaluasi
    1. “Quick and Dirty” Evaluation
    2. Usability Testing
    3. Field Studies
    4. Predictive Evaluation
  5. Partisipasi, IRB dan Etika
  6. Teknik Pengumpulan Data
  7. Metode Pengumpulan Data
  8. Analisa Data dan Interpretasi Hasil

MATERI

Evaluasi

Evaluasi adalah suatu tes atas tingkat penggunaan dan fungsionalitas system yang dilakukan di dalam laboratorium, di lapangan, atau di dalam kolaborasi dengan pengguna. Yang dievaluasi pada interaksi manusia dan komputer adalah desain dan implementasinya. Evaluasi empiris adalah proses penilaian dengan cara eksperimen, penelitian, atau observasi. Data empiris merupakan data yang diperoleh / ditemukan / disimpulkan dari sebuah eksperimen atau penelitian. Perancangan eksperimen tidak lepas dari rancangan percobaan (dengan setiap langkahnya yang betul2 telah terdefinisikan) sedemikian rupa sehingga informasi yang berhubungan dengan / atau diperlukan untuk persoalan yang sedang diteliti dapat dikumpulkan.

Desain eksperimen adalah sebagai suatu pengujian atau serangkaian pengujian yang bertujuan untuk melakukan perubahan terhadap variabel-variabel input dari proses atau sistem sehingga dapat meneliti dan mengidentifikasi sebab perubahan dari output. Tujuannya untuk memastikan kecocokan dengan permintaan pengguna/tujuan pengguna, serta untuk melihat apakah hasil rancangan dengan proses uji coba system yg telah dibuat sesuai dengan user.

Evaluasi empiris adalah proses penilaian dengan cara eksperimen, penelitian dan observasi.

Tujuan Utama Evaluasi

  • Melihat seberapa jauh sistem berfungsi. Desain system memungkinkan user melakukan tugas dgn lebih mudah
  • Melihat efek interface bagi pengguna. Kemudahan utk mempelajari sistem, usability dan perilaku user.
  • Mengidentifikasi problem khusus yg terjadi pada sistem.

Lokasi Evaluasi

  • Di laboratorium
  • Di tempat alami pengguna produk

Waktu melakukan evaluasi

  • Produk sedang dalam pengerjaan
  • Produk baru
  • Perbaikan produk

Perancangan Eksperimen

Hipotesa

Hipotesa merupakan prediksi yang dihasilkan dalam eksperimen. Masih menggunakan variable independent dan dependent, dimana variasi di dalam independent variable akan menyebabkan perbedaan pada dependent variable.

Variabel

  • Independent variabel: karakter suatu eksperimen yang memanipulasi untuk menghasilkan kondisi yang berbeda sebagai perbandingan. Contoh : jenis interface, level dari help, jumlah item menu dan perancangan icon.
  • Dependent variabel: variabel yang dapat diukur dalam eksperimen. Contoh pada variabel independent adalah kecepatan dari pemilihan menu.

Rancangan

    • Between-Groups (Randomized)
      • Masing-masing subyek diberikan kondisi yang berbeda yakni kondisi eksperimen dan control.
      • Setiap user menghasilkan satu kondisi pengaruh dari subyek banyak
  • Within-Groups
  • Setiap user akan menampilkan kondisi yang berbeda
  • Jumlah user yang tersedia lebih sedikit
  • Pengaruh dari subyek lebih sedikit

Paradigma Evaluasi

“Quick and Dirty” Evaluation

Adalah umpan balik berupa keinginan dan yang disukai dari user atau konsultan yang disampaikan secara informal kepada desainer tentang produk yang dibuatnya

Usability Testing

Melibatkan pengukuran kinerja user dalam mempersiapkan tugasnya secara hati-hati, dari proses inilah maka dibuatkan desain sistemnya

Field Studies

Berbeda dengan usability testing, evaluasi ini dilakukan di lingkungan asli dimana user bekerja, hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kerja user secara alami dan bagaimana teknologi tersebut berdampak padanya.

Predictive Evaluation

Didasarkan pada pengalaman seorang ahli dalam menghadapi user, dan biasanya hal ini dijadikan patokan untuk memprediksi masalah-masalah penggunaan sebuah produk

Partisipasi, IRB dan Etika

  1. Partisipasi

Merupakan keikutsertaan, peranserta atau keterlibatan yang berkaitan dengan keadaaan. Bentuk partisipasi antara lain :

    • Partisipasi harta benda
    • Partisipasi tenaga
    • Partisipasi keterampilan
  1. IRB (Institutional Review Board)

Merupakan sebuah kelembagaan dewan peninjau (IRB), juga dikenal sebagai komite etika independen atau dewan peninjau etik, adalah panitia yang telah ditunjuk secara resmi untuk menyetujui, memantau, dan meninjau biomedis dan perilaku penelitian yang melibatkan manusia.

  1. Etika

Etika evaluasi terdiri dari 4 hal, yaitu:

      • Kerahasiaan hasil evaluasi
      • Keamanan evaluasi
      • Intepretasi hasil evaluasi
      • Penggunaan evaluasi

Teknik Pengumpulan Data

  1. Teknik Observasi
      • Think aloud: Cara yang popular dalam mengumpulkan informasi dengan melihat interaksi user.
      • Analisa Protokol” Automatic protocol analysis tools. EVA (Experimental Video Annotator) yaitu sistem prototipe yang berjalan pada multi-media workstation yang dihubungkan langsung ke video recorder.
      • Post-task walkthroughs: Terdapat beberapa keadaan yang menyebabkan subyek tidak dapat berbicara selama observasi sebenarnya seperti subyek sedang mengerjakan tugas yang sangat penting dan banyak. Pada keadaan ini post-task walkthroughs dapat melihat secara subyektif perilaku user.
  2. Teknik Query
      • Interview: Meng-interview user tentang pengalaman mereka dengan sistem interaktif yang menyediakan informasi secara langsung dan terstruktur.
      • Questionnaire: Metode alternatif yang agak kurang fleksibel dibandingkan dengan interview tetapi dapat meraih subyek yang banyak dan membutuhkan waktu yang tidak lama. Terdapat beberapa jenis questionnaire yaitu General, Open-ended, Scalar, Multi-choice, Ranked.

Metode Pengumpulan Data

    1. Kuesioner: Kuesioner adalah daftar pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada responden. Jawaban responden atas semua pertanyaan dalam kuesioner kemudian dicatat/direkam
    2. Observasi: Pengamatan melibatkan semua indera (penglihatan, pendengaran, penciuman, pembau, perasa).
    3. Wawancara: Pengambilan data melalui wawancara /secara lisan langsung dengan sumberdatanya, baik melalui tatap muka atau lewat telephone, teleconference.
    4. Dokumen: Pengambilan data melalui dokumen tertulis mamupun elektronik dari lembaga/ institusi.

Analisa Data dan Interpretasi Hasil

Analisis data adalah proses Penyederhanaan data ke dalam bentuk Yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan. Analisis dan interpretasi data diperlukan untuk merangkumkan apa yang telah diperoleh, menilai apakah data tersebut berbasis kenyataan, teliti, dan benar. Analisis dan interpretasi data juga diperlukan untuk memberi jawaban terhadap pertanyaan- pertanyaan yang diajukan.

Daftar Pustaka:

  • Dix, A., Finlay, J. E., Abowd, G. D., Beale, R. 2004. Human-Computer Interaction Third Edition, Pearson Education Limited.
  • Galitz, Wilbert, O. “The Essential Guide to UI Design 3/e”, 2007.
  • Johnson, J. 2010. Designing with the mind in mind: Simple guide to understanding user interface design rules. Morgan Kaufmann.
  • Wigdor, D., and Dennis, W. 2011. Brave NUI World: Designing Natural User Interfaces for Touch and Gesture. Elsevier.
  • Norman, D. A. 2013.The Designing of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Book.

 24 total views,  2 views today

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *