Human Computer Interaction (HCI) – Pertemuan 13 – Materi

Gede Surya Mahendra - Home

Human Computer Interaction (HCI) – Pertemuan 13 – Materi

Stiki Logo - Short

Mata Kuliah : Human Computer Interaction

Kode Mata Kuliah : MKK-224

Program Studi : Teknik Informatika

STIMIK STIKOM Indonesia

PERTEMUAN 13

Untuk tampilan lebih baik, dapat mendownload file PDF pada link yang tersedia

Kemampuan Akhir yang Diharapkan:

Mahasiswa mampu memahami Sistem Pengenalan Visualisasi Informasi.

Bahan Kajian:

  • Sistem Pengenalan Visualisasi Informasi.

Metode Pembelajaran:

  • Metode Studi Kasus dengan bahan kajian system pengenalan visualisasi informasi

Pengalaman Pembelajaran:

  • Diskusi kelompok mengenai studi kasus terkait materi Sistem Pengenalan Visualisasi Informasi

Kriteria Penilaian dan Indikator:

  • Kemampuan mengemukakan pendapat terkait materi yang dibahas dan Ketajaman analisis.

 

Download File Materi PDF

Download File Slide Perkuliahan PDF 

 

TINJAUAN

  1. Visualisasi Informasi
  2. Model Dasar Pemrosesan Visualisasi Informasi
  3. Tujuan Visualisasi Informasi
    1. Mengeksplor
    2. Menghitung
    3. Menyampaikan
  4. Karakteristik Visualisasi Informasi
    1. Menggunakan Pola
    2. Perbandingan Gambar
    3. Gambar Animasi
    4. Warna
  5. Teknik Visualisasi Informasi
    1. Pengumpulan jumlah
    2. Overview dan Detail
    3. Fokus dan Konteks
    4. Drill-Down
    5. Brushing
  6. Jenis Media Visualisasi Informasi
    1. Diagram
    2. Grafik
    3. Poster
    4. Kartun
    5. Komik
    6. Gambar
    7. Bagan
  7. Hirarki Visualisasi Informasi

MATERI

Visualisasi Informasi

Visualisasi informasi boleh dibilang merupakan salah satu aliran ilmu terbaru dalam mendirikan tren desain antar muka pengguna yang modern. Keinginan untuk memanipulasi objek pada layar komputer telah menjadi motivasi utama di belakang paradigma desain user interface yang populer.

Visualisasi (Inggris: visualization) adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi. Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia. Contoh dari hal ini meliputi lukisan di dinding- dinding gua dari manusia purba, bentuk huruf hiroglip Mesir, sistemgeometri Yunani, dan teknik pelukisan dari Leonardo da Vinci untuk tujuan rekayasa dan ilmiah, dll.

McCormick mendefinisikan Visualisasi Informasi sebagai,

    1. Metode penggunaan komputer untuk mentransformasi simbol menjadi geometrik.
    2. Memungkinkan peneliti mengamati simulasi dan komputasi.
    3. Memberikan cara untuk melihat yang tidak terlihat.
    4. Memperkaya proses penemuan ilmiah dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan tak diduga.
    5. Dalam berbagai bidang telah merevolusikan cara ilmuwan meneliti sains.

Model Dasar Pemrosesan Visualisasi Informasi

Data mentah dalam format yang tak tentu dan berbeda akan diolah sedemikian rupa sehingga bisa diekstrak dan diubah menjadi bentuk data yang dapat dianalisis seperti data dalam struktur pohon, vektor dan metadata. Data abstrak ini kemudian akan dipetakan (proses visualisasi data abstrak) dalam berbagai bentuk representasi seperti grafik, map dsb. Representasi ini kemudian akan dirender menjadi gambar. Di dalam bentuk sebagai gambar, data memiliki parameter grafik yang bisa diatur seperti posisi, skala, perbesar/ perkecil.

Tujuan Visualisasi Informasi

Tujuan diadakannya Visualisasi Informasi adalah sebagai berikut:

  • Bagaimana Menampilkan data dengan menggunakan gambar / visual.
  • Bagaiman Menemukan cara terbaik untuk mengingat informasi dengan cara penerimaan alami manusia
  • Bagaimana Mengeksplor data dengan bantuan gambar / visual.

Mengeksplor

Kegiatan eksplor dapat disebut juga penjelajahan atau pencarian, adalah tindakan mencari atau melakukan penjelajahan dengan tujuan menemukan sesuatu 10 yang baru. Dalam hal visualisasi, mengeksplor bisa dalam bentuk eksploarasi terhadap data atau informasi yang ada yang dapat digunakan sebagai salah satu bagian dari elemen pengambilan keputusan.

Menghitung

Menghitung adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendapat gambaran tentang dimensi/bentuk suatu objek. Dalam hubungannya dengan visualisasi, menghitung dapat diartikan sebagai kegiatan melakukan analisa terhadap data yang ada dalam bentuk gambar seperti grafik dan tabel yang sudah terhitung sehingga manajemen hanya perlu melakukan pengambilan keputusan dari data yang sudah terhitung.

Menyampaikan

Data mentah yang diolah lalu ditampilan dalam bentuk seperti grafik merupakan bentuk penyampaian dengancara pendekatan visual yang mana dapat membuat orang yang melihat gambar tersebut dapat dengan mudah menyimpulkan arti dalam gambar tersebut karena secara umum data yang diolah dalam bentuk grafik lebih mudah dipahami karena sifatnya yang tidak berbelitbelit melainkan langsung kepada point yang dituju.

Karakteristik Visualisasi Informasi

Menurut McCormick, karakteristik visualisasi informasi yang baik memiliki empat karakteristik sebagai berikut :

Menggunakan Pola

Penggunaan pola berguna agar manusia yang melihatnya dapat melakukan scanning, recognizing, remembering terhadap apa yang mereka lihat dan menyimpulkan dengan cepat berdasarkan pola-pola yang membedakan polayang satu dengan yang lain.

Perbandingan Gambar

Macam-macam perbandingan gambar dapat berupa panjang, bentuk, orientasi, gradiasi warna, tekstur yang mana merupakan pembeda antara visual yang satu dengan yang lain. Sehingga dengan perbedaan ini juga dapat menimpulkan perbedaan informasi yang dihasilkan dari perbandingan gambaryangsatu dengan yang lain.

Gambar Animasi

Animasi dapat menggambarkan atau membedakan berdasarkan perjalanan waktu yang terjadi yang mana tidak dapat digambarkan secara jelas dengan menggunakan gambar yang diam.

Warna

Deskipsi warna dapat membantu perbedaan warna yang di gunakan. Dalam hal ini perbedaan warna juga dapat mempengaruhi perbedaan informasi yang dihasilkan

Teknik Visualisasi Informasi

Pengumpulan jumlah

Mengakumulasi elemen individual ke dalam sebuah unit yang lebih besar untuk menghadirkannya seperti sesuatu yang utuh atau lengkap.

Overview dan Detail

Menyediakan baik tinjauan global maupun kemampuan detail zooming.

Fokus dan Konteks

Menunjukkan detail dari satu atau lebih daerah di dalam sebuah konteks global yang lebih besar.

Drill-Down

Memilih item individual atau set yang lebih kecil dari sebuah tampilanuntuk sebuah pendapat detail atau analisis.

Brushing

Memilih atau menunjuk memspesifikasikan nilai, kemudian melihat item yang tepat di tempat lain pada tampilan.

Jenis Media Visualisasi Informasi

Menurut McCormick, terdapat macam- macam media visual sebagai berikut :

Diagram

Diagram adalah suatu gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbale balik, terutama dengan garis-garis diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperhatikan.

Grafik

Grafik adalah suatu grafis yang menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan informasi statistic yang saling berhubungan. Dengan berasumsi pada pengertian grafik tersebut, dalam proses belajar mengajar, grafik mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara statistik.

Poster

Poster merupakan kombinasi visualisasi yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya. Media ini pada umumnya digunakan untuk mengenalkan suatu produk dari suatu perusahaan atau digunakan sebagai sarana promosi.

Kartun

Kartun adalah menggambarkan dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat. Dengan berasumsi pada konsep tersebut, kartun dapat digunakan sebagai alat bantu proses pengajaran walaupun banyak kartun yang membuat orang-orang tersenyum, tetapi pada dasarnya kartun mempunyai manfaat dalam proses belajar mengajar terutama dalam penjelasan rangkaian bahan satu urutan logis atau mendukung makna.

Komik

Komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu berita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk memberikan hiburan pada pembaca.

Gambar

Media grafis paling umum digunakan dalam PBM, karena merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti oleh peserta didik. Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual konkrit menampilkan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik.

Bagan

Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar keterangan, daftar-daftar dan sebagainya. Bagan yang digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain: perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi.

Hirarki Visualisasi Informasi

Hirarki visualisasi merupakan urutan dari item- item dimana item tertentu merupakan induk atau moyang dari item lainnya. Contoh: sistem berkas: folder atau direktori dengan folder atau subdirektori dan berkas didalamnya.

Bentuk-bentuk hirarki visualisasi antara lain :

        1. Tree (Pohon) Akar berada di puncak, daun-daun berada di paling bawah (dasar)
        2. Cheops, Pohon Hiperbolik dan Pohon Kerucut
        3. Representasi isi ruang/ Treemap Representasi isi ruang dikembangkan oleh Shneiderman dan Johnson Anak tergambar dalam orang tua mereka / Anak “dikandung” dibawah orang tua Horisontal dan Vertikal alternatif mengiris pada setiap tingkat kesuksesan

Daftar Pustaka:

  • Dix, A., Finlay, J. E., Abowd, G. D., Beale, R. 2004. Human-Computer Interaction Third Edition, Pearson Education Limited.
  • Galitz, Wilbert, O. “The Essential Guide to UI Design 3/e”, 2007.
  • Johnson, J. 2010. Designing with the mind in mind: Simple guide to understanding user interface design rules. Morgan Kaufmann.
  • Wigdor, D., and Dennis, W. 2011. Brave NUI World: Designing Natural User Interfaces for Touch and Gesture. Elsevier.
  • Norman, D. A. 2013.The Designing of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Book.

 

 22 total views,  2 views today

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *