Pengantar Teknologi Informasi – Pertemuan 11 – Materi Perkuliahan

Gede Surya Mahendra - Home

Pengantar Teknologi Informasi – Pertemuan 11 – Materi Perkuliahan

Stiki Logo - Short

Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi

Kode Mata Kuliah : MPB-201

Program Studi : Teknik Informatika

STMIK STIKOM Indonesia

PERTEMUAN 11

Untuk tampilan lebih baik, dapat mendownload file PDF pada link yang tersedia

Download File Materi PDF

 

TIM PENYUSUN:

I GUSTI AYU AGUNG MAS ARISTAMY, S.TI., M.KOM

CHRISTINA PURNAMA YANTI, S.KOM., M.KOM.

NI KADEK ARIASIH, S.KOM., M.T

 

Materi Ajar
Program Pembuatan Presentasi (Ms. PowerPoint)

(Pertemuan 11)

Mg Ke- Kemampuan Akhir yang Diharapkan Bahan Kajian Metode Pembelajaran Waktu Pengalaman Belajar Penilaian dan Indikator Bobot Penilaian (%)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
10,11 Mahasiswa mampu mengaplikasikan program pengolah angka Ketepatan dalam mengubah data menjadi informasi

Ketepatan dalam manipulasi data menjadi opini Ketepatan dalam menampilkan data secara visual

Pembelajaran Project Based Learning dalam mengaplikasikan program pengolah angka [TM : 2x(2×50”)] Mengaplikasikan program pengolahan angka dalam manipulasi data project untuk membentuk opini Mengaplikasikan pengolah angka dalam menampilkan data project secara

visual.

Kemampuan mengaplikasi program pengolah angka dalam manipulasi dan menampilkan secara visual 10%
  1. Microsoft Power Point

Pengertian Microsoft PowerPoint adalah program andalan Microsoft yang ditujukan untuk membantu pengguna mempresentasikan sebuah karya, hasil atau pun dokumen terkait. Ms. PowerPoint adalah salah satu program milik Microsoft yang menggabungkan fungsi dari Word, Excel dan program milik Microsoft Office lainnya. Tidak heran jika pengguna dapat memasukkan beragam tipe dokumen di dalamnya. Berbeda dari Word yang menggunakan halaman atau Excel yang terkenal akan spreadsheet-nya, Ms. PowerPoint menggunakan slide untuk menampilkan data yang Anda masukkan. Uniknya lagi, terdapat beberapa template slide yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya

pengertian microsoft power point

Fungsi Ms. PowerPoint

Ms. PowerPoint adalah salah satu program besutan Microsoft yang dibuat untuk membantu mempresentasikan hasil kerja Anda. Di program ini, pengguna dapat menggunakan slide untuk memamaparkan informasi kepada para audience. Lebih lanjut, Ms. PowerPoint juga dapat digunakan untuk memaparkan hasil yang berasal dari beragam tipe dokumen, baik angka, kata hingga gambar. Selain itu, banyaknya fitur yang mempermudah penggunaan Ms. PowerPoint juga membantu memperindah slide. Anda bahkan dapat memasukkan audio atau pun video ke dalam slide yang diinginkan.

Manfaaat Ms. PowerPoint

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri
  2. Membantu Mendesain Slide Menjadi Lebih Atraktif
  3. Membuat Audience Lebih Fokus dengan Informasi yang Ditampilkan

Kekurangan Ms. PowerPoint

  1. presentasi dengannya membutuhkan waktu persiapan yang cukup menyita tenaga dan waktu;
  2. tidak bisa digunakan oleh platform lain selain Microsoft;
  3. versi Power Point yang satu tidak mendukung versi yang lain, sehingga dokumen yang dibuat pada software versi lama tidak akan bisa digunakan dengan sempurna pada software versi baru atau sebaliknya;
  4. Mengenal Microsoft Power Point
  5. Membuka PowerPoint

Cara membuka Powerpoint adalah melalui tombol [Start]>[All Programs]>[Microsoft Office]>Powerpoint.

  1. Lingkungan Kerja PowerPoint

Setelah Anda membuka PowerPoint, sebuah presentasi baru dan masih kosong akan muncul pada jendela PowerPoint. Dalam Slide telah ada kotak khusus untuk menambahkan judul dan subjudul. Tab Ribbon (Menu) adalah jalan Anda mengakses berbagai perintah PowerPoint. Jika Anda telah menggunakan versi sebelumnya dari PowerPoint, Ribbon yang menggantikan sistem menu tradisional. Di pojok kiri atas Ribbon adalah Tombol Microsoft Office. Dari sini, Anda dapat mengakses opsi penting seperti New, Save, Save As, dan Print. Secara default Quick Access Toolbar terletak di sebelah kanan Tombol Microsoft Office, dan termasuk perintah seperti Undo dan Redo. Pada bagian kiri jendela, Anda akan melihat perintah dengan task pane dan tab garis besar, yang muncul secara default. Pada bagian bawah, daerah kanan dari layar Anda akan menemukan perintah View (Normal, Slide Sorter, and Slide Show), dan zoom tool. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:

Fungsi File Tab pada Microsoft Office

Bila anda mengklik file tab, sebuah menu akan muncul. Dari menu ini Anda dapat membuat presentasi baru, buka file yang sudah ada, menyimpan file dalam berbagai cara, dan mencetak. Anda juga dapat menambahkan fitur keamanan, mengirim, menerbitkan, dan menutup file. File tab berisi fungsi-fungsi utama dari File, antara lain : New, Open, Save, Save as, Prit, Prepare, Send & Publish

QuickAccessToolbar

Quick Access Toolbar atau yang juga disebut jalan pintan berisi shortcut untuk fungsi Save, Undo, and Repeat. Shortcut ini dapat ditambah maupun dikurangi dengan mengklik panah dropdown di sebelah kanan. Menu Save, Undo, dan Redo adalah perintah yang muncul secara default pada Quick Access Toolbar. Anda mungkin ingin menambahkan perintah lain untuk membuat dan menggunakan fitur spesifik PowerPoint lebih nyaman bagi Anda.

page5image2848404240

Jika anda ingin mengaktifkan semua pilihan jalan pintas yang ada didalamnya maka silahkan beri tAnda centang pada semua pilihan yang ada di dalamnya. Untuk menambah elemen pada Quick Access Toolbar:

  • Klik panah di sebelah kanan dari Quick Access Toolbar.
  • Pilih perintah yang Anda ingin tambahkan dari daftar drop down. Pilihan akan muncul di Quick Access Toolbar. Lihat gambar dibawah ini, dan yang sebelah kanan adalah hasilnya

Ribbon

Ribbon adalah fasilitas berupa sekumpulan menu jalan pintas yang baru di PowerPoint 2016, menggantikan sistem tab menu tradisional. Ribbon ini bisa berupa tab menu dan bisa juga berupa ikon. Hal ini dirancang agar responsif terhadap keinginan Anda dan mudah digunakan. Bagian utama dari Ribbon adalah Ribbon Tabs yang berisi sebanyak 10 (sepuluh) menu utama yaitu: Home, Insert, Design, Animations, Translations, Animation, Slide Show, Review, View dan Help. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagian-bagian dari Ribbon:

a. Ribbon Tab Home

Ribbon Tab Home adalah menu yang paling pertama yang didalamnya terdapat grup tool dengan fungsinya masing-masing yaitu: Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing dan Editing. Grup tool ini berfungsi;

    • Clipboard, memungkinkan Anda menggunakan tombol copy, paste, cut, dan format painter.
    • Slide, didalamnya terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete.
    • Paragraph, didalamnya terdapat tombol untuk mengatur posisi rataan (alignment), bullet and numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.
    • Drawing, didalamnya terdapat tombol Text box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill, Shape Outline, dan Shape Effects.
    • Editing, didalamnya terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select.
  1. Ribbon Tab Insert

Ribbon tab Insert bertujuan untuk memasukkan sesuatu obyek dalam slide presentasi. Tab Insert terdiri dari beberapa group tool, antara lain :

    • Tables, perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide Anda.
    • Illustrations, didalamnya terdapat tombol yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan gambar, clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart (grafik).
    • Links, meliputi tombol yang dapat digunakan untuk membuat link pada slide.
    • Media Clips, untuk menambahkan file sound (suara) atau movie (film) dalam slide.
  1. Ribbon Tab Design

Ribbon tab Design, berkaitan dengan desiain slide pada presentasi. Tab Design terdiri dari beberapa tool group, antaralain : Page Setup, Themes, dan Background, berfungsi untuk mendesain slide Anda.

    • Page Setup,didalamnya terdapat tombol untuk mengatur model dari slide, apakah model portrait atau landscape.
    • Themes, berkaitan desain tema yang sudah disiapkan oleh Ms. PowerPoint 2007.
    • Background, untuk mengatur latar belakang agar slide tampak lebih hidup dan indah.
  1. Ribbon Tab Transitions

  1. Ribbon Tab Animations

Pada Ribbon Tab Animations mengatur animasi dalam presentasi. Melalui tab ini Anda bisa menambahkan berbagai macam bentuk animasi pada slide Anda. Terdapat 3 tool group yang bisa Anda gunakan, antara lain :

    • Preview, tombol ini biasa juga disebut pratayang atau melihat sementara hasil dari animasi yang Anda berikan untuk slide Anda.
    • Animations, Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
    • Transition to This Slide, untuk memberikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat.
  1. Ribbon Tab Slide Show

Ribbon Tab Slide Show mengatur bagaimana slide ditampilkan dalam presentasi, termasuk didalamnya misalnya dari slide berapa yang akan pertama ditampilkan. Menu Slide Show terdiri dari beberapa tool group, antara lain :

    • Start Slide Show, untuk menentukan dari mana slide Anda dijalankan, apakah dari awal (from beginning) atau dari slide yang sedang aktif (from current slide show) atau pilihan Anda sendiri (custom slide show).
    • Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk menyembunyikan slide (hide slide), merekam narasi (record narration) dan menentukan urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.
    • Monitors, Anda bisa mengatur resolusi dari slide presentasi Anda pada tool group ini.
  1. Ribbon Tab Review

Sesuai dengan namanya, maka Review digunakan untuk mereview slide presentasi sebelum disimpan, dicetak atau dipresentasikan. Terdapat tiga tool group pada Ribbon Tab Review ini, antara lain :

    • Proofing, digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide.
    • Comments, Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
    • Protect, Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat.
  1. Ribbon Tab View

Menu View berkaitan pilihan-pilihan tampilan slide apakah dalam mode normal ataukah Anda memilih yang lain. Tool group yang terdapat pada Ribbon Tab ini antara lain :

    • Presentation Views, pada bagian ini Anda dapat melihat keseluruhan dari slide yang telah Anda buat. Anda bisa melihatnya secara normal, slide sorter, notes page, dan slide show. Selain itu Anda juga dapat membuat slide Master sesuai dengan desain yang Anda inginkan.
    • Show/Hide, untuk membantu Anda dalam membuat slide presntasi, Anda bisa menampilkan penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines).
    • Zoom, Anda dapat memperbesar ukuran slide yang Anda buat atau secara normal.
    • Color/Grayscale, Pada bagian ini Anda dapat menentukan apakah slide yang Anda buat berwarna (color) atau hitam putih (grayscale).
    • Window, Anda manata tampilan window PowerPoint apakah secara cascade, split, atau berpindah ke window lain.

Dialog Box Launcher

Dialog Box launcher adalah perintah drop down yang biasanya terdapat di sudut kanan bawah setiap grup tool. Jikan perintah ini diklik maka akan muncul sebuah dialog box sebagai bagian dari grup tool yang bersangkutan. Namun tidak semua grup tool mampunyai launcher dialog box.

PowerPoint Options

Selain Ribbon terdapat pengaturan-pengaturan umum pada powerpoint yang digunakan untuk melakukan setting berkaitan dengan presentasi Anda. Untuk mengakses PowerPoint options lakukan langkah-langkah berikut;

  • Klik file tab.
  • Sebuah kotak dialog akan muncul.
  • Pilih options.
  • Dari jendela inilah Anda dapat melakukan setting umum pada PowerPoint.

Jika Anda perhatikan panel sebelah kiri diatas adalah merupakan panel utama untuk melakukan setting pada PowerPoint Anda. Didalamnnya terdapat 8 (delapan) pilihan menu utama yaitu : General, Proofing, Save, Advance, Customize, Add-Ins, Trust Center dan Resources.

  1. Teks Dasar Microsoft Power Point
  2. Teks Dasar

Dalam PowerPoint, Anda dapat memasukkan teks ke Text box atau kotak teks. Text box ada dua macam, ada yang secara otomatis muncul ketika sebuah slide baru dibuat dan ada yang dimasukkan lewat Insert.

Memasukkan Teks:

  • Klik Text box atau kotak teks di mana Anda ingin memasukkan teks. Titik penyisipan akan muncul.
  • Ketik teks sesuai kebutuhan Anda.

Menghapus Teks:

  • Tempatkan kursor Anda di sebelah teks yang ingin Anda hapus.
  • Tekan tombol Backspace pada keyboard Anda untuk menghapus teks ke kiri kursor.
  • Tekan tombol Delete pada keyboard Anda untuk menghapus

teks di sebelah kanan kursor.

Menyeleksi Teks:

  • Tempatkan titik penyisipan di sebelah teks yang ingin Anda pilih.
  • Klik dan tarik mouse Anda teks untuk memilihnya.
  • Lepaskan tombol mouse dan artinya Anda telah memilih teks.

Menyalin Teks:

  • Pilih teks yang ingin Anda salin.
  • Klik perintah [Copy] pada tab [Home].
  • Tempatkan titik penyisipan di mana Anda ingin teks akan muncul.
    d. Klik perintah [Paste] pada tab [Home]. Teks akan muncul.

  1. Memformat Teks

Memformat teks yang akan dilakukan disini adalah berkaitan dengan perubahan-perubahan pada teks dasar seperti ukuran font, jenis font, letak teks dan warna font.

Memformat Font Size:

  • Pilih teks yang ingin Anda ubah ukurannya.

page14image2849162864

  • Klik panah drop down di samping ukuran font pada tab [Home]. Ukuran font pada menu drop down muncul.
  • Pindahkan kursor Anda melalui berbagai ukuran font. Preview akan langsung ditampilkan dalam dokumen.
  • Klik ukuran font yang akan digunakan, dalam contoh ini saya memilih ukuran 32. Ukuran font akan berubah dalam dokumen.

page15image2849314512

Memformat Font Style:

  • Pilih teks yang ingin Anda ubah

page15image2849314816

  • Klik panah drop down di samping Font Style pada tab [Home]. Font style menu drop down muncul.
  • Pindahkan kursor Anda melalui berbagai Font Style. Preview font akan muncul dalam dokumen.
  • Klik salah satu font style yang akan digunakan, dalam contoh ini saya menggunakan Bauhaus 93.

page15image2849315120

Memformat Font Color:

  • Pilih teks yang ingin Anda ubah

page16image2849378672

  • Klik panah drop down di samping kotak warna font pada tab [Home]. Menu warna font akan muncul.
  • Pindahkan kursor Anda melalui berbagai warna font. Preview warna akan muncul dalam dokumen.

page16image2849378976

  • Klik warna font yang akan digunakan, dalam contoh ini saya menggunakan warna biru. Font akan berubah warna dalam slide.

page17image2849428112

  1. Bekerja Dengan Shape

Berbagai bentuk obyek atau shape bisa dimasukkan dalam slide presentasi untuk menambah informasi dan penampilan PowerPoint anda. Selain itu Anda bisa uga bisa memberi variasi pada obyek-obyek tersebut misalnya mengubah bentuk, memberi warna dan lain-lain. Disisi lain anda mungkin memasukkan diagram kedalam persentasi yang membuat Anda lebih mudah menjelaskan angka-angka kepada audiens Anda. Kedua hal tersebut akan kita bahas pada bab ini. Shape sebagaimana telah disebutkan diatas adalah berbagai bentuk obyek yang bisa dimasukkan dalam slide untuk menambah daya tari presentasi.

Memasukkan Shape dalam slide:

  • Pilih Tab [Insert].
  • Klik perintah [Shape], lalu klik salah satu shape dari pilihan yang muncul.

  • Pindahkan kursor Anda menuju slide. Kursor akan berubah jadi tanda (+).
  • Klik dan tahan tombol mouse ke bawah, dan tarik kursor sampai bentuk adalah ukuran yang diinginkan.
  • Lepaskan tombol mouse untuk menyisipkan bentuk.

Mengubah Shape Style:

  • Pilih salah satu shape dalam slide, dalam contoh ini kita menggunakan gambar bintang di atas.
  • Pilih dan klik Tab [Format].
  • Klik lagi panah drop down dan kelompok shape akan tampil dengan lebih banyak pilihan.

  • Pindahkan kursor anda untuk melihat preview pada slide. Klik salah satu untuk memilihnya.

Mengubah Shape Fill:

  • Pilih salah satu shape dalam slide yang akan diubah, kita menggunakan contoh gambar terakhir.
  • Pilih dan klik tab [Format].
  • Klik lagi panah drop down pada [Shape Fill] dan kelompok shape akan tampil dengan lebih banyak pilihan.

  • Pilih menu [Texture] dari daftar pilihan.
  • Pilih dan klik salah satu tekstur yang anda sukai, lalu lihat hasilnya pada slide.

Mengubah Shape Outline:

  • Pilih salah satu shape dalam slide, dalam contoh ini saya menggunakan gambar terakhir diatas. Tab [Format] dibawah menu [Drawing Tools] akan muncul.
  • Pilih dan klik Tab [Format].
  • Klik lagi panah drop down pada [Shape Outline] dan kelompok warna garis akan tampil dengan lebih banyak pilihan.

  • Klik salah satu pilihan dan lihat hasilnya.

Memasukkan Shape Effect:

  • Pilih salah satu shape dalam slide, dalam contoh ini saya menggunakan gambar terakhir diatas. Tab [Format] dibawah menu [Drawing Tools] akan muncul.
  • Pilih dan klik Tab [Format].
  • Klik lagi panah drop down pada [Shape Effect]. Muncul beberapa menu dengan lebih banyak pilihan.

  • Pilih [Shadow] lalu Pilih lagi salah satu pilihan dibawahnya.

Memasukkan Photo Dalam Shape

Sebagai tambahan variasi akan lebih bagus lagi kelihatan jika ada gambar atau photo yang dimasukkan dalam shape. Itu adalah hal yang mudah dilakukan.

  • Pilih salah satu shape dalam slide yang akan diubah, kita menggunakan contoh gambar terakhir.
  • Pilih dan klik tab [Format] dibawah menu [Drawing Tools].
  • Klik lagi panah drop down pada [Shape Fill] dan kelompok shape akan tampil dengan lebih banyak pilihan.

  • Klik pilihan [Picture…] untuk membuka jendela baru.
  • Dari jendela [Insert Picture] pilihlah dan klik salah satu gambar yang akan dimasukkan.
  • Jika anda sudah temukan gambarnya, klik [Insert] dan gambar akan muncul dalam shape.
  1. Efek Animasi Dalam Presentasi
  2. Efek Transisi Slide

Efek transisi, atau yang sering disebut transisi, adalah gerakan yang Anda lihat ketika satu slide perubahan ke yang lain dalam tampilan slide. Efek transisi berbeda dari efek animasi. Istilah animasi di PowerPoint mengacu pada gerakan teks dan obyek pada slide, sementara transisi merujuk pada gerakan slide ke slide yang lain. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana menerapkan dan menyesuaikan efek transisi.

Memasukkan Transisi ke dalam Slide

  • Pilih slide yang ingin Anda modifikasi.
  • Pilih tab [Transition].
  • Cari [Transition to This Slide]. Secara default, [None] diterapkan pada setiap slide.

  • Klik panah drop down untuk menampilkan semua efek transisi

  • Klik salah satu efek transisi slide untuk menerapkannya ke slide yang dipilih. Gerakkan mouse anda di atas efek transisi slide untuk melihat preview langsung dari efek pada slide.

Menerapkan Salah Satu Slide Transition pad semua Slide

  • Pilih slide yang ingin Anda modifikasi. Pilih tab [Transition].
  • Cari [Transition to This Slide]. Secara default, None akan diterapkan ke setiap slide.
  • Klik panah drop down untuk menampilkan semua efek transisi. Klik salah efek transisi slide untuk menerapkannya ke slide yang dipilih.
  • Klik [Apply To All] untuk menerapkan transisi ke semua slide dalam presentasi.

  1. Modifikasi Transisi

Anda juga bisa memodifikasi model transisi yang sudah ada. Anda dapat mengatur kecepatan transisi ketika Anda menerapkan efek transisi, atau kembali ke tab Animations dan menerapkannya nanti. Jika Anda ingin menerapkan efek transisi dan kecepatan transisi ke semua slide Klik Apply to All.

Mengatur Transition Speed

  • Terapkan salah efek transisi slide ke slide.
  • Klik menu drop down [Speed Transition] dalam [Transition to This Slide] pada tab [Transition].
  • Ketik kecepatan yang diinginkan.

Mengatur Slide Transition Sound

  • Terapkan salah satu efek transisi ke slide.
  • Klik panah drop down [Transition Sound] dalam [Transition to This Slide] pada tab [Transition].

  • Pilih salah satu sound untuk menerapkannya ke slide yang dipilih.
  • Klik [Apply To All] jika Anda ingin menerapkan efek transisi dan transisi suara ke semua slide.

Menghapus Efek Transisi Slide

  • Pilih slide yang ingin Anda modifikasi. Pilih tab [Transition].
  • Klik [None] dalam grup [Transition to This Slide].

  • Ulangi proses ini untuk setiap slide yang ingin Anda ubah.
  • Klik [Apply to All] untuk menghilangkan efek transisi dari setiap slide dalam presentasi.
  1. Modifikasi Animasi Tambahan

Secara default, dalam tampilan slide Anda mengklik mouse anda untuk maju, atau bergerak, ke slide berikutnya. Pengaturan ini didefinisikan dalam Transition to This Slide pada tab Transition. Anda dapat mengubah pengaturan ini, sehingga setiap slide menampilkan untuk jangka waktu tertentu sebelum secara otomatis maju ke slide berikutnya. Hal ini berguna untuk presentasi tanpa pengawasan, seperti di sebuah stan pameran dagang.

Mengatur Timing Pada Slides

  • Pilih salah satu slide.
  • Pilih tab [Transition].
  • Pilih [Advance Slide] pada [Transition to This Slide].
  • Masukkan limit waktu pada [Automatically After], atau gunakan panah atas bawah.

  • Klik [Ok] untuk menutup jendela.
  1. Animasi Teks dan Obyek

Dalam PowerPoint Anda dapat menghidupkan teks dan obyek seperti clip art, shape, dan gambar pada slide. Animasi, atau gerakan, pada slide dapat digunakan untuk menarik perhatian penonton untuk konten yang spesifik atau membuat slide lebih mudah dibaca. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana menghidupkan teks dan obyek pada slide dengan menggunakan built-in dan custom efek animasi.

Mengatur Animation Effect

  • Pilih teks atau obyek pada slide yang ingin Anda beranimasi. Pilih tab [Animations].

  • Klik [Add Animation] untuk menambahkan efek animasi teks yang dipilih atau obyek.

  • Pilih Entrance, Emphasis, Exit, atau Motion Path untuk menampilkan sub menu efek animasi untuk kategori.
      • Entrance : bagaimana efek sebuah obyek masuk ke dalam tampilan pada slide.
      • Emphasis: bagaimana efek selanjutnya ketika sudah berada pada halaman presentasi.
      • Exit : bagaimana sebuah obyek keluar dari slide presentasi.
      • Motion Path : efek animasi yang dibuat sendiri berdasarkan panduan yang sudah ada.

  • Animasi akan ditampilkan pada item yang dipilih pada slide dan untuk melihat pengaturan klik [Animation Pane]. Maka akan muncul tampilan seperti berikut.

  1. Berbagai Efek Animasi

Ada berbagai efek animasi yang dapat Anda coba ke dalam slide. Silahkan kerjakan sesuai dengan contoh-contoh berikut ini.

Animasi Teks dengan Default Animation

  • Pilih teks atau obyek pada slide yang ingin Anda modifikasi.
  • Pilih tab [Animation].
  • Klik panah drop down menu Animate di grup [Animations] untuk melihat efek animasi untuk teks yang dipilih. Dampak bervariasi berdasarkan item yang dipilih.
  • Klik [Add Animation] untuk menambahkan efek animasi teks yang dipilih atau obyek dan pilih animasi yang diinginkan.
  • Animasi akan ditampilkan pada item yang dipilih pada slide dan untuk melihat pengaturan klik [Animation Pane].

page35image2852479712

  • Kemudian klik [Effect options], maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

page35image2852511904

  • Kemudian klik drop down pada animate text. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

page35image2852512208

      • All at Once: Semua huruf dalam kata/kalimat akan tampil sekaligus.
      • By word: tampilan pada slide akan muncul setiap kata.
      • By letter: tampilan pada slide akan muncul setiap huruf.

Memodifikasi Efek Animasi Default:

  • Setelah Anda menerapkan efek animasi, klik drop down pada effect option. Menu akan bervariasi berdasarkan efek animasi.

page36image2852593872

  • Pilihan pada effect options.

  • Ulangi sampai semua pilihan menu pengaturan yang diinginkan.

Menghapus Efek Animasi:

  • Pilih teks atau obyek pada slide yang ingin Anda modifikasi.
  • Pilih tab [Animation].
  • Klik [Animation Pane] di grup [Animations]. Task pane [Animation Pane] akan muncul di sebelah kanan.
  • Pilih salah satu animasi di task pane daftar [Animation Pane], jika belum dipilih.
  • Klik lambang segitiga terbalik pada animasi kemudian pilih [Remove].
  1. Presentasi dengan Blank Presentation dan Themes

Pertama kali yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Microsoft PowerPoint. Selanjutnya, pilih Template (1) yang akan digunakan sesuai template yang tersedia. Jika tidak ingin memakai template,bisa memilih Blank Presentation (2).

(2)

(1)

1. Membuat slide

Setelah memilih lembar kerja presentasi, dilanjutkan membuat slide baru dengan memilih bagian New Slide pada menu toolbar, kemudian akan muncul berbagai macam tipe slide. Pilih slide sesuai kebutuhan presentasi

2.  Menghapus slide

Menghapus slide caranya klik dulu slide yang akan dihapus pada sidebar sebelah kiri. Lalu, Tekan menu delete pada keyboard yang terletak di ujung kanan atas. Kemudian, slide akan terhapus dari sidebar. Cara lainnya pilih slide yang akan dihapus pada sidebar sebelah kiri, lalu klik kanan hingga muncul menu po-up, pilih Delete Slide. perhatikan gambar dibawah ini.

3. Memberi Animasi

Untuk mempercantik slide presentasi, dapat menggunakan animasi agar presentasi lebih hidup. . Caranya, klik teks atau gambar yang akan diberi animasi, lalu pilh menu animations pada menu bar diatas. Perhatikan gambar dibawah ini.

Pilih objek yang akan diberikan animasi

Cara menggunakan animasi pada PowerPoint, sudah ada dijelaskan di modul 10

4. Memberi Transisi

Apa guna transisi dengan animasi? Jika animasi digunakan untuk mempercantik isi dalam suatu slide, maka transisi berfungsi untuk memberikan animasi pada saat perpindahan slide yang satu dengan lainnya. Lalu, bagaimana cara menggunakan transisi pada slide PowerPoint? perhatikan gambar dibawah ini.

  • Pilih slide yang akan anda beri efek transisi. Lalu, klik bagian Transition. Kemudian, pilih animasi apa yang akan ada terapkan dari slide tersebut.
  • Kemudian bisa juga menambahkan efek transisi tersebut pada bagian Effect options.
  • Untuk mengganti slide antar slide, bisa juga Anda menambahkan efek suara pada bagian Sound. Pilihlah sound yang sesuai dengan isi materi presentasi Anda.

5. Menjalankan presentasi

Selanjutnya mencoba memulai presentasi (slide show) untuk melihat slide mana saja yang perlu diperbaiki atau dikoreksi. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memulai presentasi dari awal atau memulai tampilan slide dari slide pertama di Microsoft PowerPoint. Adapun caranya bisa dengan menggunakan tombol di ribbon Microsoft PowerPoint, melalui pintasan keyboard (keyboard shortcut) atau melalui Icon Slide Show. Berikut ini adalah uraian singkat dari ketiga cara tersebut yaitu :

  1. Menggunakan tombol From Beginning : melalui antar muka grafis cara ini cukup akrab di kalangan pengguna PowerPoint pemula. Pastikan sudah berada di tab Slide Show (1), di kelompok Start Slide Show, klik tombol From Beginning (2).

(2)

(1)

  1. Melalui pintasan keyboard F5 : ketika jendela aplikasi Microsoft PowerPoint terbuka dan slide dalam mode edit, Anda dapat langsung menekan tombol keyboard F5 untuk memulai presentasi PowerPoint atau memulai tampilan slide dari slide pertama. Ini adalah cara paling cepat untuk memulai presentasi PowerPoint.
  2. Alternatif lain yaitu menggunakan tombol From Current Slide caranya pastikan sudah berada di tab Slide Show (1), di kelompok Start Slide Show, klik tombol From Current Slide(2) atau dengan cara lain yaitu melalui pintasan keyboard SHIFT+F5. cara ini juga digunakan untuk memulai presentasi dengan terlebih dahulu menyeleksi slide yang aktif.

(1)

(2)

6. Menyimpan Presentasi

Dalam PowerPoint 2016 dan versi yang lebih baru, Anda dapat menyimpan presentasi desktop ke drive lokal (seperti laptop), lokasi jaringan, CD, DVD, atau flash drive. Anda juga bisa menyimpannya sebagai format file berbeda.

  1. Menyimpan file presentasi Anda file dalam format file powerpoint 2016

Pada tab File, pilih Save, Lakukan hal berikut ini:

  • Untuk menyimpan ke drive lokal Anda, seperti laptop, flash drive, drive CD atau DVD, klik Browse.
  • Untuk menyimpan ke komputer, klik drive komputer yang dipilih.
  • Di bawah Simpan Sebagai > Folder Terbaru, pilih Telusuri, pilih jalur dan folder file, lalu beri nama file tersebut.
  • Pilih Simpan.

 

B. Menyimpan file presentasi Anda file dalam format file yang berbeda

Pada tab File, pilih Save As, di bawah Save As, lakukan salah satu hal berikut ini:

  • Di bawah Folder Terbaru, pilih Telusuri, pilih jalur dan folder file, lalu beri nama file tersebut.
  • Di daftar Save as type, pilih format file yang Anda inginkan.
  • Pilih Simpan.

7. Menyimpan presentasi Anda di versi PowerPoint yang lebih lama

Dalam PowerPoint 2016 dan versi yang lebih baru, Anda bisa menyimpan file ke versi PowerPoint yang lebih lama dengan memilih versi dari daftar Save As a Type dalam kotak Save As . Misalnya, Anda bisa menyimpan presentasi PowerPoint Anda dalam format Presentasi PowerPoint (.pptx) terbaru, atau sebagai Presentasi PowerPoint 97-2003 (.ppt).

PowerPoint 2013 dan versi yang lebih baru menggunakan format file. PPTX berbasis XML yang diperkenalkan di Rilis Office 2007. File ini bisa dibuka di PowerPoint 2010 dan PowerPoint 2007 tanpa add-in khusus atau kehilangan fungsionalitas.

Referensi:

https://ptgmedia.pearsoncmg.com/images/9780735697799/samplepages/9780735697799.pdf

https://support.microsoft.com/id-id/office/

 

 4 total views,  2 views today

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *