Pengantar Teknologi Informasi – Pertemuan 14 – Materi Perkuliahan

Gede Surya Mahendra - Home

Pengantar Teknologi Informasi – Pertemuan 14 – Materi Perkuliahan

Stiki Logo - Short

Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi

Kode Mata Kuliah : MPB-201

Program Studi : Teknik Informatika

STMIK STIKOM Indonesia

PERTEMUAN 14

Untuk tampilan lebih baik, dapat mendownload file PDF pada link yang tersedia

Download File Materi PDF

 

TIM PENYUSUN:

I GUSTI AYU AGUNG MAS ARISTAMY, S.TI., M.KOM

CHRISTINA PURNAMA YANTI, S.KOM., M.KOM.

NI KADEK ARIASIH, S.KOM., M.T

 

Materi Ajar
Internet and Computing Core Certification (IC3)
Living Online

(Pertemuan 14)

Mg Ke- Kemampuan Akhir yang Diharapkan Bahan Kajian Metode Pembelajaran Waktu Pengalaman Belajar Penilaian dan Indikator Bobot Penilaian (%)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
14 Mahasiswa mampu memahami dan mengerjakan soal terkait sertifikasi Internet and Computing Core Certification (IC3) Living Online Ketepatan mengerjakan soal-soal sertifikasi ICE Living Online, yang mana membahas tentang penggunaan dan etika berinternet dalam kehidupan sehari-hari Pembelajaran Project Based Learning dalam mengerjakan soal yang diberikan. [TM : 2x(2×50”)] Mampu menggunakan dan mengerjakan soal sertifikasi terkait dengan penggunaan dan etika berinternet dalam kehidupan sehari-hari Kemampuan dalam menggunakan dan mengerjakan soal sertifikasi terkait dengan penggunaan dan etika berinternet dalam kehidupan sehari-hari. 10%

The Certiport Internet Core Competency Certification (IC3) adalah program pelatihan dan sertifikasi berbasis standar yang tervalidasi pertama di dunia untuk komputasi dasar, serta pengetahuan dan keterampilan Internet. Ujian Certiport IC3 memastikan bahwa kandidat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk penggunaan dasar perangkat keras komputer, perangkat lunak, jaringan, dan Internet.

Ujian Living Online dirancang untuk membantu pengguna memahami cara menggunakan Internet secara efektif atau bekerja di lingkungan jaringan dan memaksimalkan komunikasi, pendidikan, kolaborasi, dan interaksi sosial dengan cara yang aman dan etis.

Rilis Standar Global 5 (GS5) dari ujian ini menghadirkan berbagai modul baru dan yang disempurnakan termasuk media sosial, kalender, streaming, dan elemen konferensi online yang benar-benar mengukur kemampuan kandidat untuk berhasil di dunia yang semakin digital. (IC3_GS5_Living-Online_FINAL- 2016)

Tujuan ujian Certiport IC3 Living Online GS5 meliputi:

Tujuan ujian Living Online dirancang untuk membantu pengguna mendapatkan pemahaman dasar tentang cara menggunakan komputer secara efektif di lingkungan Internet atau jaringan, termasuk:

  • Memahami bagaimana komputer terhubung ke jaringan komunikasi dan Internet
  • Memahami cara kerja komunikasi elektronik dan cara berkomunikasi menggunakan surat elektronik, jejaring sosial, dan metode komunikasi lainnya Keterampilan dasar yang diperlukan untuk mengevaluasi informasi
  • Pengetahuan tentang World Wide Web, cara menggunakan program penjelajahan Web, dan cara membuat, menemukan, dan mengevaluasi konten online
  • Pengetahuan tentang dampak komputasi dan Internet pada masyarakat
  • Memahami masalah terkait komputer dan internet yang digunakan di kantor, rumah, dan sekolah:

– Ilmu Ergonomi

– Keamanan

– Etika

– Etiket internet (Netiket)

  1. Internet Concepts

Internet adalah jaringan jaringan global yang menghubungkan jutaan pengguna di seluruh dunia melalui banyak jaringan komputer menggunakan sistem pengalamatan umum standar sederhana dan protokol komunikasi dasar yang disebut TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Ini memungkinkan pesan yang dikirim melalui Internet dipecah menjadi potongan-potongan kecil, yang disebut paket, yang melakukan perjalanan melalui banyak rute berbeda antara komputer sumber dan tujuan. (http://staff.um.edu.mt/mros1/wwww/basic_web_concepts.html)

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber 🙂

  1. Calendaring

Kalender online paling sering dilampirkan ke akun email. Kalender dapat digunakan untuk melacak acara satu kali atau berulang. Fitur hebat lainnya dari kalender online adalah kemampuan yang mereka berikan untuk berbagi kalender dengan orang lain.

Anda akan membuat dua kalender. Dalam satu kalender, buat acara satu kali dengan pemberitahuan. Kemudian di kalender lainnya buat acara kalender rutin. Berkumpullah dengan tiga atau empat orang lainnya dan minta mereka semua berbagi kalender. Dapat melihat banyak kalender secara bersamaan. Kelola kalender dengan mengubah warna setiap kalender yang berbeda. (IC3_GS5_Living_Online_Student_Workbook)

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber 🙂

  1. Social Media

Jejaring sosial di situs web media sosial melibatkan penggunaan internet untuk menghubungkan pengguna dengan teman, keluarga, dan kenalan mereka. Situs web media sosial tidak selalu tentang bertemu orang baru secara online, meskipun ini benar-benar terjadi. Sebaliknya, mereka terutama tentang berhubungan dengan teman, keluarga, dan kenalan yang sudah Anda miliki.

Platform media sosial paling terkenal adalah Facebook, Pinterest, Twitter, Instagram, dan LinkedIn. Situs web ini memungkinkan Anda berbagi foto, video, dan informasi, mengatur acara, mengobrol, dan bermain game online.(https://accan.org.au/files/)

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber 🙂

  1. Online Conferencing

Layanan Konferensi Online adalah solusi konferensi video web audio yang menggabungkan semua layanan menjadi satu solusi konferensi online. Layanan rapat online memungkinkan Anda menggunakan akses internet dari komputer Anda untuk solusi konferensi online yang lengkap. Konferensi Online dapat dilakukan sesuai jadwal, atau tanpa reservasi, dengan konferensi yang dibantu operator tersedia. Peserta telekonferensi online dijembatani secara mulus dengan alat kolaborasi online yang menyediakan partisipasi visual.

Banyak penyedia konferensi online menawarkan konferensi web VOIP yang memungkinkan penggunaan Internet untuk porsi telekonferensi menggunakan teknologi konferensi VOIP. Konferensi Web Online digunakan oleh bisnis untuk menyajikan dan berbagi dari jarak jauh dengan kolaborasi online pada berbagai aplikasi termasuk dokumen, situs web, file data, video, email, dan mengurangi waktu dan biaya perjalanan bisnis untuk rapat.

Fitur konferensi online tambahan mencakup opsi untuk merekam konferensi web online, membuat anotasi, Q&A peserta, obrolan, polling, dan konferensi video dengan kamera web. Layanan Konferensi Online juga dikenal sebagai Layanan Rapat Online, Alat Kolaborasi Online, Konferensi Web Online, eMeeting, Konferensi Internet, atau Webmeeting.(https://www.bsimplify.com/what-is-online-conferencing/)

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber 🙂

  1. Streaming

Situs web pertama adalah halaman teks sederhana dengan mungkin satu atau dua gambar. Namun, saat ini, siapa pun dengan koneksi Internet yang cukup cepat dapat melakukan streaming film definisi tinggi atau melakukan panggilan video melalui interenet. Ini dimungkinkan karena teknologi yang disebut streaming. Streaming adalah transmisi audio atau video secara terus menerus dari server ke klien. Dalam istilah yang lebih sederhana, streaming terjadi ketika konsumen menonton TV atau mendengarkan podcast di perangkat yang terhubung ke Internet. Dengan streaming, file media yang diputar di perangkat klien disimpan dari jarak jauh, dan dikirim beberapa detik pada satu waktu melalui Internet.(loudflare.com/learning/performance/what-is-streaming/)

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber 🙂

  1. Media Literacy

Literasi media adalah kemampuan untuk mengidentifikasi berbagai jenis media dan memahami pesan yang mereka kirim. Anak-anak menerima banyak sekali informasi dari beragam sumber, jauh melampaui media tradisional (TV, radio, surat kabar, dan majalah) dari kebanyakan remaja orang tua. Ada pesan teks, meme, video viral, media sosial, video game, iklan, dan lainnya. Tetapi semua media berbagi satu hal: seseorang yang membuatnya. Dan itu diciptakan karena suatu alasan. Memahami alasan itu adalah dasar literasi media.(https://www.commonsensemedia.org/news-and-media-literacy/what-is-media-literacy-and-why-is-it-important)

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber 🙂

Referensi:

https://www.certiport.com/Portal/Common/DocumentLibrary/IC3-GS5-Living-Online-021016.pdf

 

 44 total views,  7 views today

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *