Pengantar Teknologi Informasi – Pertemuan 15 – Materi Perkuliahan

Gede Surya Mahendra - Home

Pengantar Teknologi Informasi – Pertemuan 15 – Materi Perkuliahan

Stiki Logo - Short

Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi

Kode Mata Kuliah : MPB-201

Program Studi : Teknik Informatika

STMIK STIKOM Indonesia

PERTEMUAN 15

Untuk tampilan lebih baik, dapat mendownload file PDF pada link yang tersedia

Download File Materi PDF

 

TIM PENYUSUN:

I GUSTI AYU AGUNG MAS ARISTAMY, S.TI., M.KOM

CHRISTINA PURNAMA YANTI, S.KOM., M.KOM.

NI KADEK ARIASIH, S.KOM., M.T

 

Materi Ajar
Internet and Computing Core Certification (IC3)
Computing Fundamental

(Pertemuan 15)

Mg Ke- Kemampuan Akhir yang Diharapkan Bahan Kajian Metode Pembelajaran Waktu Pengalaman Belajar Penilaian dan Indikator Bobot Penilaian (%)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
15 Mahasiswa mampu memahami dan mengerjakan soal terkait sertifikasi Internet and Computing Core Certification (IC3) Computing Fundamental Ketepatan mengerjakan soal-soal sertifikasi ICE Living Online, yang mana membahas tentang penggunaan perangkat komputer beserta jaringannya dalam kehidupan sehari-hari Pembelajaran Project Based Learning dalam mengerjakan soal yang diberikan. [TM : 2x(2×50”)] Mampu mengerjakan soal sertifikasi terkait dengan penggunaan perangkat komputer beserta jaringannya dalam kehidupan sehari-hari Kemampuan dalam menggunakan dan mengerjakan soal sertifikasi terkait dengan penggunaan perangkat komputer beserta jaringannya dalam kehidupan sehari-hari 10%

Dirancang untuk membantu pengguna mendapatkan hasil maksimal dari teknologi, pemeriksaan Dasar-dasar Komputasi mencakup pemahaman dasar tentang perangkat keras komputer, perangkat lunak, sistem operasi, periferal, dan pemecahan masalah. Dan baru dalam ujian Standar Global 5 (GS5), Dasar-dasar Komputasi sekarang juga akan menyertakan konsep Perangkat Seluler dan Cloud Computing.

Komputer dan perangkat adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari, namun banyak orang masih kurang memiliki pemahaman dasar tentang teknologi yang biasa mereka gunakan. Domain ini menguji kemampuan pengguna untuk menggunakan sistem operasi komputer secara efektif untuk melakukan tugas sehari-hari seperti menginstal perangkat lunak, mengelola file, dan mengubah setelan sistem. Ini juga mengeksplorasi perangkat keras dan komponen komputer dan perangkat modern, termasuk periferal seperti printer, kamera, pemindai, dan pengontrol game. Terakhir, Dasar-dasar Komputasi memeriksa proses untuk memelihara peralatan komputer, melindungi perangkat keras dari pencurian atau kerusakan, dan memecahkan masalah umum perangkat keras.

Tujuan pemeriksaan Dasar-dasar Komputasi dirancang untuk membantu pengguna mendapatkan pemahaman dasar tentang komputasi, termasuk pengetahuan dan penggunaan perangkat keras, perangkat lunak, dan sistem operasi komputer:

  • Jenis komputer, cara mereka memproses informasi, dan tujuan serta fungsi komponen perangkat keras yang berbeda
  • Peralatan komputer dan masalah umum yang berkaitan dengan perangkat keras komputer
  • Sistem operasi umum seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, Android, iOS, dll.
  • Pengetahuan komputer umum, termasuk perangkat keras dasar, perangkat lunak, jaringan dan pemecahan masalah

Standar Global 5 (GS5) terus menyertakan semua fitur dan tujuan yang menjadikan IC3 sebagai salah satu standar Literasi Digital paling tepercaya di dunia, sambil menambahkan konten baru dan yang diperbarui untuk lebih selaras dengan teknologi yang berkembang saat ini: :

  • Mobile Devices

Domain Perangkat Seluler mencakup enam tujuan yang berkaitan dengan ponsel dan tablet, seperti memahami penggunaan ponsel, mengonfigurasi pemberitahuan, dan menggunakan pesan suara.

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber:)

  • Hardware

Domain Perangkat Keras terdiri dari 14 tujuan tentang perangkat keras komputer penting yang perlu diketahui semua siswa untuk menggunakan perangkat digital dengan benar, termasuk konsep yang berkaitan dengan penyimpanan memori, manajemen daya, konfigurasi perangkat keras, jaringan, dan Wi-Fi.

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber:)

  • Computer Software Architecture

Domain Arsitektur Perangkat Lunak Komputer mencakup 13 tujuan yang berkaitan dengan konsep seperti sistem operasi, manajemen file, penginstalan perangkat lunak, dan pemecahan masalah.

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber:)

  • Backup and Restore

Domain backup dan restore memiliki tiga tujuan utama yang terkait dengan backup dan restore informasi. Ini termasuk mengetahui cara menyelesaikan pemulihan sistem pada perangkat pribadi dan cara memformat ulang hard drive pada laptop.

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber:)

  • File Sharing

Domain Berbagi File adalah bagian paling langsung dari ujian Computing Fundamentals. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa siswa memahami opsi transfer file dan karakteristik berbagi file.

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber:)

  • Cloud Computing

Domain Cloud Computing mencakup enam tujuan yang terkait dengan pemahaman dan penggunaan komputasi awan. Beberapa konsep mencakup manfaat penyimpanan awan, contoh penyimpanan awan, dan membandingkan aplikasi berbasis web dengan aplikasi lokal.

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber:)

  • Security

Domain Keamanan terdiri dari delapan tujuan yang berkaitan dengan jenis umum ancaman dan keamanan saat menggunakan teknologi. Ini termasuk memahami perbedaan antara jaringan aman dan tidak aman, pentingnya perangkat lunak anti-virus, menggunakan firewall, dan mengetahui praktik terbaik untuk keamanan e-dagang.

Contoh Pertanyaan Ujian :

(sumber:)

Referensi:

https://www.certiport.com/Portal/Common/DocumentLibrary/IC3-GS5-Computing-Fundamental-021016.pdf

 433 total views,  6 views today

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *